Pengaruh Virus Corona terhadap Perekonomian di Indonesia

Virus Corona atau COVID-19 merupakan virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut sampai kematian. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir bulan desember 2019 lalu kini telah menyebar luas dengan cepat di beberapa negara, kurang lebihnya ada 79 negara yang sudah terinfeksi virus ini termasuk Indonesia.

Adanya virus ini ternyata membawa dampak tersendiri untuk perekonomian global termasuk perekonomian di Indonesia. Dampak yang bisa dirasakan ada pada sektor pariwisata, perdagangan serta sektor keuangan.

Pada sektor Pariwisata, Indonesia sudah membatasi para wisatawan luar masuk ke Indonesia terutama dari negara China. Sektor pariwisata di dalam negeri yang juga terkena dampaknya yaitu seperti tempat wisata, hotel, restoran, dan yang paling terlihat dampaknya ialah terhadap transportasi terutama transportasi udara. Karena sudah tersebar luasnya wabah virus Covid-19 ini, para wisatawan dari luar negeri menjadi turun peminat. “Kalau awal-awal corona masih ada penerbangan dan harusnya bulan ini juga ada yang berangkat tapi ternyata tidak bisa atau dibatalkan,” kata Wina kepada wartawan (dilansir dari Tempo.co).

Turunnya harga tiket pesawat sampai mendapat diskon kurang lebih 50%. “Besok atau per 1 Maret sudah bisa dinikmati diskon pesawat 50 persen tersebut dan berlalu hingga bulan Mei 2020, nanti kita evaluasi jika menunjukkan peningkatan signifikan maka bisa diperpanjang,” kata Menhub Budi karya di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (dilansir dari Liputan 6).

Pada sektor perdagangan sendiri dampak yang terlihat ialah ekspor impor antara Indonesia dan China terutama pada komoditas sayur-sayuran, buah-buahan, dan hewan. Lalu untuk alat elektronik sementara masih bisa berjalan. “Kita tahu industri yang ada di Tiongkok sudah berhenti. Padahal suplai bahan baku kita banyak dari sana. Sudah di sana sulit, masuk ke sini sulit. Kebijakan yang berkaitan dengan ini, Saya kasih contoh bahan baku industri garam, bahan baku industri gula untuk makanan dan minuman. Jangan sampai ada industri yang mengeluh urusan ini,” ujar Presiden Joko Widodo (dilansir dari Liputan 6).

Kemudian yang bisa dirasakan terhadap keuangan di Indonesia adalah nilai tukar Rupiah dan harga saham. Dilansir dari kompas.com bahwa ada dampak yang signifikan melemahnya nilai tukar Rupiah dari IHSG. Aliran modal asing AS bulan Februari kemarin mengalami outflow hingga 2,01 miliar dollar AS. Dampak virus Covid-19 ini juga mempengaruhi perilaku investor global terhadap kepemilikan investasi mereka di berbagai negara.

3 Replies to “Pengaruh Virus Corona terhadap Perekonomian di Indonesia”

  1. Hi, We are wondering if you would be interested in our service, where we can provide you with a dofollow link from Amazon (DA 96) back to or.id?

    The price is just $67 per link, via Paypal.

    To explain what DA is and the benefit for your website, along with a sample of an existing link, please read here: https://justpaste.it/4fnds

    If you’d be interested in learning more, reply to this email but please make sure you include the word INTERESTED in the subject line field.

    Kind Regards,
    Claudia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *