Selamat Hari Kartini 21 April 2020

HMJ Akuntansi Syariah IAIN Pekalongan mengucapkan selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 21 April. Hari Kartini merupakan hari yang istimewa khususnya bagi masyarakat Indonesia, dimana Ibu Kartini merupakan sosok teladan yang memperjuangkan hak perempuan yaitu tentang persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan di Indonesia. Bahwa perempuan juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak serta mampu bersaing dalam memperjuangkan nilai-nilai kebenaran.

Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang pada tanggal 17 September 1904. Ibu Kartini merupakan tokoh Jawa  dan Pahlawan Nasional Indonesia, dimana beliau dinobatkan sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Raden Adjeng Kartini adalah keturunan priyayi di tanah Jawa. Beliau merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara. Ibunya bernama M.A. Ngasirah merupakan sosok guru agama di Jepara. Kartini tumbuh menjadi perempuan yang cerdas dan pemberani, dirinya juga menguasai bahasa Belanda. Berkat kecerdasannya tersebut kartini sukses memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia yaitu tentang emansipasi perempuan.

Sejumlah karya Raden Adjeng Kartini yang menginspirasi banyak orang diantaranya adalah Habis Gelap Terbitlah Terang; Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya; Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904; Panggil Aku Kartini Saja; dan lain sebagainya. Karya tersebut merupakan hasil pemikiran dari sosok Kartini yang memang sangat kritis dalam menjalankan perannya.

“Hari Kartini tidak hanya tanggal 21 April namun setiap hari, dimanapun dan kapanpun itu. Kita sebagai wanita harus bisa maju ke depan tanpa ada rasa sungkan terhadap perbedaan gender. Bukan untuk menyaingi tapi menyetarakan potensi,” ungkap Muzayyinatul Nur Aliyah selaku wakil ketua HMJ Akuntansi Syariah 2020.

Diharapkan melalui hari peringatan ini, kita sebagai generasi penerus bangsa khususnya perempuan Indonesia wajib mengamalkan nilai-nilai kebenaran yang diajarkan oleh Raden Adjeng Kartini. Dimana kita sebagai warga negara yang baik harus saling menghargai tanpa memandang gender, suku, budaya dan sebagianya. Bahwa kedudukan kita di hadapan Tuhan Yang Maha Esa adalah sama. Hal tersebut juga merupakan bentuk pengamalan sila pertama dalam Pancasila. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan Indonesia.

3 Replies to “Selamat Hari Kartini 21 April 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *