AKSYA HISTORY || 15 RAMADHAN PERANG AIN JALIT PALESTINA


15 RAMADHAN
PERANG AIN JALUT, PALESTINA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sahabat Aksya history pada abad ke-7 Hijriyah kekuasaan Islam di Timur Tengah satu persatu dikuasai oleh kekaisaran Mongol, pasukan yang dikenal dengan kekejaman dan kebengisannya itu. Saat itu, Baghdad, Suriah, dan Palestina jatuh ke tangan Mongol, sedangkan kekuasaan Islam di Uighur, Asia Tengah, dan persia telah takluk terlebih dahulu. Akankah Mesir juga akan dihancurkan oleh pasukan Mongol, saksikan dalam aksya history episode 15 Ramadhan perang Ain Jalut, Palestina
Setelah Mongol mengusai wilayah kekhalifahan Abbasiyah, sehingga pada saat itu mereka ingin menghancurkan Kesultanan Mamluk yang berada di Mesir. Saat itu pimpinan Mongol Hulagu Khan mengirim surat kepada Sultan Mesir, yaitu Saifad-Din Qutuz yang meminta Sultan menyerahkan wilayah kekuasaannya, Qutuz tidak gentar sedikitpun ia tidak mau melepaskan tanah kaum muslimin, hingga akhirnya perang pun terjadi, tepat di tanggal 15 Romadhon 658 Hijriyah terjadi perang di Ain Jalut Palestina.
Jumlah pasukannya hampir sama yaitu 20 ribu pasukan. kaum muslimin dipimpin oleh panglima bernama Baibars dan Mongol dipimpin oleh Kitbuga. Kitbuga adalah perwira Mongol yang beragama Kristen dan sebagian dari pasukan Mongol tersebut adalah pasukan bantuan dua kerajaan Kristen, yaitu kerajaan Gregoria dan Armenia. di awal peperangan kaum muslimin mengalami kekalahan, hingga mereka mundur ke lembah yang dikelilingi perbukitan, kemudian seluruh pasukan Mongol mengejar tentara Islam, luar biasa..!! ternyata, berpura-pura kalah itu adalah strategi kaum muslimin untuk memancing keluar semua pasukan berkuda andalan Mongol, di atas bukit, Qutuz dan pasukan pemanahnya bersembunyi menunggu umpan masuk jebakan. Setelah dekat kaum muslimin menghancurkan hampir seluruh pasukan Mongol dari atas bukit dengan hujanan panah, Mongol tidak mudah kalah dan menyerah, kemudian Qutuz dan Baibars memimpin langsung penyerangan ke jantung komando pasukan Mongol Panglima Mongol Kitbuga berhasil dieksekusi, Mongol kehilangan Komando Pasukan gabungan itu ditumpas habis oleh kaum muslimin, maka hancurlah pasukan Mongol dan sekutunya.
Kekalahan di Ain Jalut, merusak reputasi Mongol di hadapan negeri-negeri yang mereka kuasai dan ini berdampak ke gagalan Mongol melakukan berbagai invasi termasuk di Nusantara, negeri ini. 36 tahun pasca kekalahan di Ain Jalut, pasukan Mongol mencoba menyerang Tanah Jawa, dengan 1000 pasukan berisi tentara, tapi akhirnya mereka terusir dengan hina.
Begitulah sahabat semua, sampai kapanpun kebatilan akan tetap dikalahkan oleh kebenaran, sebagaimana dalam Firman Allah Subhanahu wa Taala dalam Alquran

إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا
: Sesungguhnya yang batil itu pasti akan lenyap ( Q.S Al Isra ayat 81 )

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

One Reply to “AKSYA HISTORY || 15 RAMADHAN PERANG AIN JALIT PALESTINA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *