Pertumbuhan Ekonomi Syariah Semakin Meningkat dengan Adanya Bank Digital

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan ekonomi berbasis syariah juga semakin berkembang. Perkembangan ini dapat terlihat dari munculnya kegiatan jual beli yang dilakukan secara online yang memanfaatkan saluran elektronik (digital). Selain adanya kegiatan ini, juga terdapat kegiatan perbankan dalam bentuk digital, yaitu bank digital.

Bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik terbatas. Pada dasarnya bank digital ini dapat disebut sebagai layanan perbankan yang dilakukan secara online. Melalui bank digital ini kegiatan transaksi dapat dilakukan dengan sangan praktis. Hal ini dikarenakan, transaksi yang dilakukan melalui bank digital hanya menggunakan smartphone sehingga nasabah tidak pelu menggunakan kartu kredit ataupun ATM.

Kemunculan bank digital ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di indonesia. Dengan  memberikan banyak kelebihan , bank digital juga mampu mefasilitsai masyarakat untuk mengakses produk dan keuangan syariah. Meskipun penerapan bank digital dalam ekonomi syariah masih mengalami keterbatasan. Keterbatan tersebuat diantaranya terkait  stabilitas kekuatan jaringan internet, risiko operasional, serta risiko-risiko lain termasuk bentuk kecurangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Meskipun demikian, dengan kelebihan-kelebihan dan peluang yang didapat dari bank digital, pertumbuhan ekonomi syariah akan semakin meningkat.

 

Sumber:

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/171100726/bank-digital-bisa-percepat-pertumbuhan-ekonomi-syariah-ini-alasannya

https://www.republika.co.id/berita/r2duw9383/bank-digital-pacu-pertumbuhan-ekonomi-syariah

https://finansial.bisnis.com/read/20210416/90/1382093/apa-itu-bank-digital-simak-penjelasannya

https://finansial.bisnis.com/read/20211101/90/1460505/masih-bingung-pilih-bank-digital-ini-daftarnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *